Rabu, 07 Maret 2012

Testing

Kebutuhan Manusia Menurut Waktu

 

a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini atau tidak dapat ditunda, misalnya kebutuhan pokok (makanan di waktu lapar) dan kesehatan (obat untuk orang sakit).
b. Kebutuhan Mendesak
Merupakan kebutuhan yang sangat kritis (tiba-tiba) dan sifatnya insidentil. Misalnya, bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah atau bencana alam, kebutuhan konsultasi kesehatan atau pengacara.
c. Kebutuhan yang Akan Datang
Kebutuhan ini lebih mengarah pada persiapan-persiapan guna menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Meskipun dapat ditunda, kebutuhan ini termasuk hal yang penting, sebab dengan memenuhi kebutuhan ini manusia akan mempunyai jaminan bagi hidupnya di masa yang akan datang. Misalnya menabung di bank, asuransi, dan tabungan hari tua bagi orang yang akan pensiun.

 Kebutuhan menurut subyek

1. Kebutuhan individu, yaitu kebutuhan yang berhubungan dengan pribadi seseorang dan cenderung berbeda satu sama lain, misalnya: kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seorang guru.
2. Kebutuhan masyarakat, disebut juga kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama,yang dibutuhkan secara berkelompok dan berhubungan dengan kebersamaan dalam suatu kelompok seperti jalan raya,tempat ibadah,rumah sakit dsb.


Kebutuhan Manusia Berdasarkan Wujud

1) Kebutuhan material
Kebutuhan material adalah kebutuhan berupa alat-alat yang dapat diraba, dilihat, dan mempunyai bentuk. Kebutuhan material berwujud nyata dan dapat dinikmati langsung. Contoh: makan nasi dapat kita rasakan kenikmatannya, minum air dapat menghilangkan dahaga dan rumah sangat nyaman untuk berlindung.
2) Kebutuhan spiritual
Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan yang dihubungkan dengan benda-benda tak berwujud. Kebutuhan ini tidak bisa diraba,
dilihat, dan berbentuk tetapi bisa dirasakan dalam hati. Contoh: orang Islam bersembahyang di masjid, orang Kristen sembahyang di gereja, orang Buddha sembahyang di wihara, dan orang Hindu bersembahyang di pura.


1 komentar: